Jawaban Pretest Pembatik Level 3 Tahun 2024
Jawaban Pretest Pembatik Level 3 :
Aplikasi editing video ini sangat mudah digunakan dan
terhubung dengan akun aplikasi TikTok. Aplikasi tersebut adalah ... .
A. Youtube
B. CapCut
C. Zoom Meeting
D. Canva
E. Powtoon
Bu Dian dan Bu Prima akan membuat media pembelajaran untuk
kepentingan pembelajaran di kelas masing-masing. Bu Dian yang mengajar di kelas
3 ingin membuat video pembelajaran, sementara Bu Prima yang mengajar di kelas 5
akan membuat sebuah MPI. Baik Bu Dian maupun Bu Prima sama-sama meminta bantuan
pak Johan untuk membuatkan media pembelajaran tersebut. Pada saat mengumpulkan
storyboard rancangan media pembelajaran, beliau berdua lupa memberikan nama
pada masing-masing storyboardnya sehingga pak Johan kebingungan untuk
menentukan milik siapa storyboard yang sedang dipelajari oleh pak Johan.
Setelah sampai pada halaman scene storyboard akhirnya pak Johan bisa menemukan
bahwa pemilik storyboard yang sedang dipelajari adalah milik Bu Prima. Komponen
pada scene storyboard yang bisa membantu pak Johan dalam menentukan pemilik
naskah storyboard tersebut adalah….
A. Komponen suara
B. Komponen Interaksi
C. Komponen Tujuan
D. Komponen Teknik kamera
E. Komponen Visual
Publikasi tugas video pembelajaran oleh peserta PembaTIK
2024 dilaksanakan di ....
A. Youtube
B. email
C. LMS PembaTIK
D. Canva
E. PMM
Usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas guna
memenuhi kebutuhan belajar setiap individu disebut…
A. Pembelajaran seragam
B. Pembelajaran homogen
C. Pembelajaran terbalik
D. Pembelajaran terdiferensiasi
E. Pembelajaran konvensional
Proses mixing dilakukan agar tercipta harmoni antara
berbagai track audio yang digunakan. Proses ini dapat dilakukan dengan aplikasi
… .
A. Youtube
B. hya.wave
C. Canva
D. Soundcloud
E. Adobe Illustrator
Memberikan data tentang kemajuan belajar siswa untuk
membantu pengajaran yang dipersonalisasi merupakan manfaat media pembelajaran
digital dalam inovasi pembelajaran bagian…
A. Kustomisasi
B. Efektivitas
C. Aksesibilitas
D. Pemantauan Kemajuan
E. Interaktivitas
Proses memadukan gambar dan suara menjadi kesatuan video
yang enak dilihat dan didengar disebut dengan ... .
A. Mixing
B. Preview
C. Editing
D. Revisi
E. Distribusi
Media pembelajaran yang mampu menggabungkan benda maya dua
dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian
memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time adalah …
A. Multimedia Interaktif
B. Augmented Reality (AR)
C. Game Edukasi
D. Animasi Digital
E. Virtual Reality (VR)
Sebelum suatu media dibuat, melalui tahapan pembuatan
flowchart dimana kedudukan flowchart itu adalah sebagai panduan alur program
yang digambarkan dalam bentuk simbol-simbol tertentu. Melalui flowchart ini,
gambaran alur program dari start sampai finish tersaji secara sistematis,
sehingga hal ini menjadi sangat penting sebagai pedoman bagi programmer yang
akan melakukan pemrograman pada tahap berikutnya. Beda jenis media, beda pula
bentuk flowchartnya.
Jika anda memperhatikan bentuk flowchart di atas, maka media
pembelajaran yang sedang dirancang berupa…..
A. Model Tutorial
B. Model Games
C. Model Drill and Practise
D. Model Simulasi
E. Model Drill
Pak Jojo seorang guru IPAS yang sangat kreatif. Beliau
sering membuat berbagai macam media pembelajaran dengan berbagai jenis dan
selalu digunakan di dalam kelas. Namun sayangnya, tidak semua murid Pak Jojo
bisa memanfaatkan media pembelajaran yang dibuat oleh Pak Jojo, karena
keterbatasan perangkat. Alhasil, banyak murid yang hanya diam dan tidak
mengikuti pelajaran dengan baik.
Berdasarkan ilustrasi kejadian tersebut diatas, dalam
pengembangan media pembelajaran, prinsip apa yang belum dilakukan oleh Pak
Jojo?
A. Tujuan dan Peserta didik
B. Fleksibilitas dan Biaya pengadaan
C. Kualitas teknis dan fleksibilitas
D. Peserta didik dan ketersediaan
E. Efektivitas dan alokasi waktu
Model pembelajaran inovatif yang mengutamakan proses belajar
yang terarah dan terstruktur melalui proses penemuan dan eksplorasi, mendorong
siswa untuk menjadi aktif dalam mendapatkan pengetahuan dengan menyelidiki,
mengajukan pertanyaan, dan mencari jawaban dari masalah yang diberikan adalah …
A. Cooperative Learning
B. Flipped Classroom
C. Problem Based Learning
D. Inquiry Based Learning
E. Blended Learning
Berikut ini yang tidak termasuk dasar-dasar
desain grafis pada media presentasi adalah…
A. Delightful
B. Lucid
C. Simple
D. Important
E. layout
Perhatikan jenis template-template berikut!
· Anagram
· Pengejaran dalam labirin
· Kartu acak
· Kuis
· Kartu lampu kilat
Di atas merupakan beberapa jenis template yang bisa dipilih
dan digunakan sesuai kebutuhan pembelajaran dalam aplikasi…
A. Google slide
B. Power Point
C. WordWall
D. Canva for Education
E. Google Site
Berikut ini beberapa aplikasi daring yang dapat digunakan
untuk proses produksi video, kecuali … .
A. Loom
B. Powtoon
C. Zoom Meeting
D. Canva
E. Filmora
Salah satu tahapan dari proses audio pembelajaran adalah
perekaman, tahapan tersebut didahului dengan tahapan ….
A. Persiapan alat rekam
B. Pemilihan musik latar belakang
C. Perekaman
D. Penggunaan sound effect
E. Editing audio
Setelah topik ditentukan, urutan berikutnya dari proses
penulisan naskah audio pembelajaran adalah ….
A. Menentukan pokok materi
B. Merumuskan tujuan
C. Riset pendengar
D. Penentuan topik
E. Menulis naskah
Platform pengembangan software online berbasis cloud yang
digunakan untuk menyimpan, melacak, dan sebagai tempat kolaborasi antar developer dalam
suatu proyek perangkat lunak merupakan pengertian dari….
A. Google Site
B. Articulate Storyline
C. Smartapp Creator
D. GitHub
E. Genially
Fitur di Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berfungsi
untuk mengunggah karya adalah…
A. Refleksi Kompetensi
B. Kelas
C. Bukti Karya
D. Komunitas
E. Pelatihan Mandiri
Bu Linda seorang guru yang akan mengajarkan materi tentang
ekosistem kepada peserta didik kelas 5 SD dengan menggunakan media pembelajaran
digital. Dalam menentukan media pembelajaran tersebut, Bu Linda
mempertimbangkan tujuan instruksional, konten instruksional, karakteristik
peserta didik dan media yang sesuai. berdasarkan pertimbangan tersebut Bu Linda
memiliki pilihan-pilihan media sebagai berikut:
1. Buku teks karena materi dapat disajikan secara mendetail
dan terstruktur.
2. Presentasi slide karena dapat menyajikan informasi dengan
poin-poin yang jelas.
3. Video animasi karena dapat menjelaskan konsep ekosistem
dengan visual yang menarik dan interaktif.
4. Aplikasi interaktif karena memungkinkan peserta didik
untuk berinteraksi langsung dengan materi dan mendapatkan pengalaman belajar
yang lebih mendalam.
5. Kartu flash karena membantu peserta didik menghafal
komponen ekosistem dengan cepat.
Media yang tepat untuk dipilih Bu Linda yaitu ….
A. 2 dan 3
B. 4 dan 5
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
Pak Dika sedang merancang media pembelajaran digital yang
akan digunakan di kelasnya. Pak Dika ingin memastikan media yang dibuatnya
sesuai dengan ciri-ciri media pembelajaran digital yang efektif. Manakah
pernyataan berikut yang tidak termasuk dalam ciri-ciri media pembelajaran
digital yang efektif?
A. Media dirancang untuk digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang
B. Gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman peserta didik dan relevan
C. Media dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear
D. Prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan media pembelajaran
E. Pembelajaran berorientasi peserta didik, melibatkan interaktifitas peserta didik yang tinggi dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber
Pak Galih merupakan seorang guru yang sedang belajar menjadi konten kreator. Suatu ketika beliau memerlukan beberapa aset visual dan musik yang diambil dari suatu sumber. Sebagai konten kreator pemula, Pak Galih merasa kebingungan dan takut jika aset yang diambilnya nanti akan menyalahi ketentuan lisensi Creative Commons. Untuk itu, kode lisensi Creative Commons yang sebaiknya diambil oleh Pak Galih adalah….
A. CC BY - NC
B. CC BY - NC - SA
C. CC BY - SA
D. CC BY
E. CC BY – ND
Ragam
atau jenis Multimedia pembelajaran interaktif dibedakan berdasarkan pada
tujuan pembelajaran, diantaranya, kecuali.…
A. Instructional Games
B. Drill and practice
C. Tutorial
D. Simulasi
E. Tipografi
Berikut ini
yang bukan termasuk tahapan penulisan naskah video
pembelajaran ialah …
A. diskusi review video
B. penyusunan sinopsis
C. identifikasi program
D. penyusunan treatment
E. penulisan naskah
Perhatikan
pernyatan berikut!
(1)
Membuat storyboard
(2)
Membuat flowchart
(3)
Identifikasi program
(4) Finishing
(5)
Pemrograman
(6)
Mengumpulkan bahan
Urutan
langkah yang akan dilakukan Bu Farah dalam membuat multimedia
pembelajaran yang akan memberikan pengalaman belajar menarik dan bermakna
pada langkah-langkah pembuatan garam untuk peserta didik sekolah dasar adalah
….
A. (1);(2);(3);(4);(5);(6)
B. (2);(3);(1);(6);(5);(4)
C. (3);(2);(1);(6);(5);(4)
D. (3);(6);(2);(1);(5);(4)
E. (6);(5);(4);(3);(2);(1)
Berikut
inovasi pembelajaran dan komponen pembelajaran. Pernyataan yang sesuai adalah …
A.
Pada
komponen media pembelajaran, inovasi dilakukan dengan cara memanfaatkan media
pembelajaran yang membantu mempermudah guru dalam menyampaikan materi
pembelajaran dan membantu murid menerima dan memahami materi yang disampaikan
oleh guru sehingga guru tidak perlu datang ke sekolah untuk pembelajaran tatap
muka.
B. Pada komponen evaluasi pembelajaran, inovasi dilakukan dengan menerapkan evaluasi pembelajaran di domain pembelajaran kognitif dan psikomotorik saja.
C. Pada komponen evaluasi pembelajaran, inovasi dilakukan dengan menerapkan evaluasi pembelajaran di domain pembelajaran kognitif saja.
D. Pada komponen metode pembelajaran, inovasi yang dilakukan dengan mengubah metode penyampaian materi secara konvensional dimana peran guru sebagai pusat pembelajaran menjadi penggunaan model-model pembelajaran inovatif.
E. Pada komponen tujuan pembelajaran, inovasi dilakukan melalui perumusan tujuan pembelajaran yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Selain itu perumusan dalam level keterampilan berpikir hanya mengukur level rendah saja, tidak mengukur level berpikir yang lebih tinggi.
Perhatikan
kedua contoh A dan B berikut!
Contoh A dan
B, dapat kita amati kotak B terdapat kontras atau perbedaan luminasi antara
latar belakang dengan tulisan sehingga pesan pembelajaran yang disampaikan
dapat sampai kepada kita. Termasuk dalam Komponen tampilan MPI apakah contoh di
atas?
A. Jenis huruf
B. Tipografi
C. Navigasi
D. Warna
E. Tata Letak
Aplikasi yang
dapat diakses secara online yang memungkinkan pengguna untuk
membuat berbagai jenis konten visual, seperti poster, spanduk, lencana,
presentasi, dan banyak lagi adalah….
A. Canva for Education
B. WordWall
C. Google slide
D. Power Point
E. Google Site
Menyesuaikan
metode pembelajaran dengan gaya belajar individu siswa merupakan prinsip
inovasi pembelajaran dalam aspek apa?
A. Keterlibatan
B. Fleksibilitas
C. Refleksi
D. Tindak Lanjut
E. Kolaborasi
Tahapan
penulisan naskah audio pembelajaran berikut ini penting dilaksanakan karena
akan menentukan arah yang jelas dari sebuah proyek dan keberhasilannya dapat
diukur. Tahapan tersebut adalah ... .
A. Riset pendengar
B. Merumuskan tujuan
C. Menentukan pokok materi
D. Penentuan topik
E. Menulis naskah
Perhatikan
pernyataan berikut!
1.
Memungkinkan peserta didik mengakses materi pelajaran secara online tanpa
batasan waktu dan tempat.
2.
Menyediakan pengalaman pembelajaran yang mendalam di mana peserta didik dapat
berinteraksi langsung dengan konten pembelajaran.
3. Mengurangi
kebutuhan penggunaan buku teks dan bahan ajar tradisional.
4.
Memungkinkan pengajaran yang lebih cepat karena peserta didik dapat belajar
sendiri tanpa bantuan guru.
5. Memberikan
visualisasi yang mendalam dan interaktif untuk konsep-konsep kompleks, membuat
materi menjadi lebih konkret dan mudah dipahami.
Pernyataan
yang merupakan keuntungan yang dapat diperoleh pendidik dan muridnya dari
penggunaan Virtual Reality (VR) adalah ….
A. 2 dan 3
B. 3 dan 4
C. 1 dan 5
D. Semua benar
E. 2 dan 5
Tahap
Produksi merupakan tahapan pembuatan dari Multimedia Pembelajaran
Interaktif berdasarkan naskah yang sudah final. Urutkanlah tahapan produksi
berikut dengan benar:
(1) mendesain
tampilan tata letak atau layout MPI yang menarik disesuaikan dengan tema
materi dalam naskah,
(2)
menentukan aplikasi yang akan digunakan,
(3) melakukan
proses pembuatan MPI,
(4)
mempersiapkan semua aset yang dibutuhkan sesuai yang tercantum dalam
naskah
A. 4 - 3 - 2 - 1
B. 2 - 3 - 4 - 1
C. 1 - 2 - 3 - 4
D. 4 - 2 - 1 - 3
E. 2 - 4 - 1 - 3
Seorang guru
ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya dengan menggunakan media
pembelajaran digital. Salah satu metode yang digunakan guru tersebut adalah
metode ACTION untuk membantu dalam memilih media pembelajaran yang tepat. Guru
tersebut menemukan sebuah perangkat lunak (aplikasi) yang sangat interaktif dan
sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Namun diperlukan biaya yang cukup
besar untuk mendapatkan aplikasi tersebut. Pertimbangan yang digunakan oleh
guru tersebut termasuk pada unsur ….
A. Cost
B. Access
C. Interactivity
D. Technology
E. Novelty
Dibawah ini
hal yang berkaitan dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI)
dalam pembelajaran, kecuali…
A. AI memungkinkan pembelajaran lebih adaptif, membuat konten pembelajaran, dan menganalisis kebenaran informasi
B. AI memperkaya proses pembelajaran manusia dengan menyediakan alat dan teknik yang membuat pendidikan lebih efektif, personal, dan inklusif
C. AI dapat membantu dalam penjadwalan, pengelolaan absensi, dan pelacakan perkembangan siswa.
D. AI dapat membantu membuat pendidikan lebih inklusif dengan menyediakan alat bantu untuk siswa dengan kebutuhan khusus, seperti transkripsi otomatis untuk siswa tunarungu atau aplikasi pembelajaran berbasis gambar untuk siswa tunagrahita.
E. Dengan AI proses pembelajaran lebih aktif, inovatif, dan kreatif, sehingga semua guru dapat mengajar tanpa datang ke sekolah
Setelah
menentukan topik materi yang akan dikembangkan menjadi sebuah MPI langkah
selanjutnya adalah menyusun…
A. Teks Materi
B. Media Pendukung
C. Soal Latihan dan Tes
D. Naskah
E. GBIM JM
Audiomass
adalah aplikasi editing audio berbasis web. Penggunaan Audiomass terjadi di
tahapan … .
A. Proses produksi
B. Proses pasca produksi
C. Penulisan naskah
D. Penyusunan treatment
E. Publikasi audio pembelajaran
Salah satu strategi yang dapat membantu pendidik dalam
memberikan pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media
pembelajaran. Berikut fungsi dari media pembelajaran…
A. Membebani guru dalam mengajar
B. Membuat siswa menjadi semakin sulit memahami konsep
C. Membuat konkret konsep-konsep yang abstrak
D. Menampilkan objek skala besar saja
E. Menghadirkan visualisasi yang sederhana saja
AI membawa kepraktisan dalam penilaian evaluasi
pembelajaran, AI dapat digunakan sebagai pendeteksi kombinasi kata demi kata,
serta penyusunan kalimat dengan baik dan benar. Tidak sedikit aplikasi yang
sudah menerapkan pendekatan yang sama, antara lain: Grammarly. Bagi guru Bahasa
Inggris, aplikasi ini membantu memperbaiki kesalahan dalam pembuatan kalimat
sesuai dengan tujuan penulisan. Peran alternatif AI diatas adalah sebagai
…
A. Automatic Assessment
B. Mentor Virtual
C. Personalize Learning
D. Smart Content
E. Voice Assistant
Amati video berikut!
Silakan klik tautan berikut untuk melihat
videonya : Cerdas
Berkarakter (pada link : https://youtu.be/w6H0RmUQNN0?si=PeNdrJatD59to5MP
)
Video "Sopo Jarwo" dikenal sebagai salah satu
video kartun populer di Indonesia yang banyak disukai oleh anak-anak. Video ini
menampilkan karakter-karakter yang dibuat dengan teknologi komputer, memberikan
tampilan yang hidup dan realistis.
Video "Sopo Jarwo" merupakan salah satu contoh media pembelajaran
video dalam bentuk ....
A. Animasi tradisional
B. Motion graphic
C. Stop motion
D. Animasi 2D
E. Animasi 3D
Di bawah ini yang merupakan pengertian dari Virtual
Reality adalah….
A. Aplikasi permainan yang dirancang khusus untuk kegiatan edukasi dalam mendukung proses pembelajaran.
B. Media belajar interaktif berupa modul yang mandiri dikemas dalam bentuk digital yang bertujuan mencapai kompetensi pembelajaran yang ditetapkan, serta menjadikan peserta didik lebih interaktif dengan menggunakan media belajar tersebut
C. Teknologi yang menyediakan informasi digital tentang dunia nyata dan mencakup suara, gambar dan teks
D. Bentuk media yang menggabungkan banyak unsur dilengkapi dengan alat pengontrol. Dengan demikian, pengguna dapat memilih proses selanjutnya secara aktif.
E. Teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang telah disimulasikan oleh komputer sehingga pengguna merasa berada di lingkungan tersebut.
Menurut Mendikbudristek, Bapak Nadiem Makarim menyebutkan
bahwa ada tiga resep menuju inovasi pendidikan, kecuali…
A. Diberikan resource yang cukup seperti pelatihan, ilmu, dan financia.
B. Perencanaan tidak jelas
C. Tujuan hidup jelas
D. Fleksibilitas dan kebebasan
E. Otonomi untuk bereksperimentasi dan menemukan titik jalannya