Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Modul Ajar IPAS Kelas 5 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2


Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati di alam semesta serta interaksinya, dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. 

Secara umum, ilmu pengetahuan diartikan sebagai gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2016). Pengetahuan ini melingkupi pengetahuan alam dan pengetahuan sosial.

Pendidikan IPAS memiliki peran dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sebagai gambaran ideal profil peserta didik Indonesia. IPAS membantu peserta didik menumbuhkan keingintahuannya terhadap fenomena yang terjadi di sekitarnya. Keingintahuan ini dapat memicu peserta didik untuk memahami bagaimana alam semesta bekerja dan berinteraksi dengan kehidupan manusia di muka bumi. 

Pemahaman ini dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan yang dihadapi dan menemukan solusi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Prinsip-prinsip dasar metodologi ilmiah dalam pembelajaran IPAS akan melatih sikap ilmiah (keingintahuan yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, analitis dan kemampuan mengambil kesimpulan yang tepat) yang melahirkan kebijaksanaan dalam diri peserta didik.

Pada Fase C peserta didik diperkenalkan dengan sistem - perangkat unsur yang saling terhubung satu sama lain dan berjalan dengan aturan-aturan tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu - khususnya yang berkaitan dengan bagaimana alam dan kehidupan sosial saling berkaitan dalam konteks kebhinekaan. 

Peserta didik melakukan suatu tindakan, mengambil suatu keputusan atau menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan pemahamannya terhadap materi yang telah dipelajari.

Modul Ajar IPAS Kelas 5 merupakan seperangkat sebuah dokumen pendidikan yang dirancang khusus untuk memandu guru dalam mengajar mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada tingkat kelas 5. 

Modul ajar IPAS Kelas 5  ini berisi informasi tentang tujuan pembelajaran, langkah-langkah yang harus diikuti dalam proses pembelajaran, media pembelajaran yang dapat digunakan, dan asesmen yang diperlukan untuk mengukur pemahaman dan prestasi siswa dalam satu unit atau topik pembelajaran yang sesuai dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk kelas 5 pada semester ganjil dan genap.

Berikut Tautan Download Modul Ajar IPAS Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Tinggal Edit:

Semester 1:

  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 1 (Disini)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 2 (Disini)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 3 (Disini)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 4 (Disini)

Semester 2:

  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 5 (Disini)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 6 (Disini)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 7 (Disini)
  • Modul Ajar IPAS Kelas 1 Bab 8 (Disini)