Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jawaban Post Test, Cerita Reflektif dan Jurnal Pembelajaran Semua Modul 1,2 & 3 Piloting PPG Guru Tertentu


Pada tahun 2024, Piloting PPG bagi Guru Tertentu adalah program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang diselenggarakan secara terbatas untuk guru-guru tertentu. Program ini sudah memasuki tahap ketiga. Program PPG Guru Tertentu ini bertujuan memberikan sertifikat pendidik kepada guru yang memenuhi kriteria khusus, dengan tujuan akhir mempersiapkan mereka menjadi tenaga pengajar yang profesional. Program ini memberikan kesempatan bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi dan memenuhi standar pendidikan nasional melalui proses yang terstruktur dan terukur.

Alur penyelenggaraan Piloting PPG bagi Guru Tertentu dimulai dengan seleksi administrasi. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi pemanggilan melalui Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB). Setelah itu, peserta diminta melakukan lapor diri di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk dan mulai mempelajari modul yang disediakan di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Langkah-langkah ini membantu peserta mempersiapkan diri dalam mengikuti seluruh proses pelatihan dan pembelajaran yang diadakan.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dan ujian, pengumuman kelulusan peserta akan disampaikan melalui surat dari Pusat PPG dan juga diinfokan oleh LPTK. Bagi peserta yang berhasil lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat pendidik yang menjadi bukti kompetensi sebagai guru profesional. Program ini, secara keseluruhan, dirancang untuk mempersiapkan lulusan sarjana, baik dari pendidikan maupun non-pendidikan, agar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai untuk mengajar dengan profesionalisme tinggi di lingkungan sekolah.

Untuk membantu rekan-rekan dalam mencari referensi dan contoh jurnal baik modul 1, 2, dan 3, serta contoh jawaban cerita reflektif dan jawaban post test, silakan klik di bawah ini:

  • Kumpulan Contoh Jurnal Modul 1, 2, dan 3 yang lolos validasi silakan klik (Disini).
  • Kumpulan Jawaban Post Test Modul, 1, 2, dan 3 Piloting PPG Guru Tertentu klik (Disini).
  • Kumpulan Jawaban Cerita Reflektif Modul 1, 2, dan 3 Piloting Guru Tertentu klik (Disini).
  • Contoh Soal UTBK Piloting PPG Guru Tertentu silakan klik (Disini).