Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bab 2 Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memanfaatkan tools (perkakas) yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran, yaitu untuk membuat surel, laporan, surat, presentasi, mengelola folder/ile, dan mencari informasi.

Tools TIK adalah perkakas yang berguna untuk membantu suatu pekerjaan tertentu. Pengertian TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpangan, penyebaran, dan penyajian informasi. Singkatnya Pengertian TIK adalah Ilmu yang mempelajari penggunaan teknologi yang dapat mengelola informasi 

Manfaat TIK dalam bidang Pendidikan

  1. Informasi semakin cepat diperoleh dan diakses untuk tujuan pendidikan. 
  2. Munculnya e-learning untuk menunjang kemudahan proses pendidikan. 
  3. Materi pelajaran dapat dibuat lebih menarik dan interaktif. 
  4. Pelajar mudah memperoleh  ilmu pengetahuan dan informasi. 
  5. TIK menawarkan perpustakan digital yang mudah diakses.

A. Pengenalan Antarmuka Pengguna

Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grais sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan.